Konsep-konsep Otomatisasi Perkantoran

Konsep-konsep Otomatisasi Perkantoran

Proses yang terjadi diperkantoran seperti halnya proses manufaktur selalu mengarah ke otomatisasi perkantoran. Manufaktur adalah proses keindustrian untuk membuat suatu barang dari suatu bahan baku melalui proses teknologi. Arti manufaktur sendiri asalnya adalah membuat barang dengan tangan (manual). Jadi manufaktur itu bukanlah sekedar "ilmu", tapi sekaligus menyangkut "laku" (practice).

Otomatisasi kantor berevolusi dari aplikasi-aplikasi terpisah dan tanpa rencana menuju aplikasi yang terencana dan terpadu. Otomatisasi kantor bertujuan untuk meningkatkan produktivitas. Bila diterapkan sebagai alat pemecah masalah, otomatisasi kantor dapat memberikan kemampuan antar manager untuk saling melakukan komukasi dengan lebih baik selagi mereka memecahkan masalah. Peningkatan komukasi ini dapat menghasilka keputusan yang lebih baik dan lebih cepat.

Berikut ini adalah beberapa manfaat yang diperoleh perusahaan dalam pemanfaatan
  1. sistem otomatisasi kantor : Pendapatan yang lebih tinggi versus penghindaran biaya. Komputer tidak menggantikan pekerja saat ini, tetapi komputer menunda. Penambahan pegawai yang diperlukan untuk menangani beban kerja yang bertambah. Pemecahan masalah kelompok/tim. Cara office automation berkontribusi pada komunikasi ke dan dari manager membuatnya sangat cocok diterapkan untuk memecahkan masalah kelompok. Pelengkap-bukan pengganti. Dan sebagai suatu cara komunikasi bisnis, office automatioan bukan tanpa keterbatasan. office automation tidak akan menggantikan semua komunikasi interpersonal tradisional-percakapan tatap muka, percakapan telepon, pesan tertulis pada memo, dan sejenisnya. Office Automation harus bertujuan melengkapi komunikasi tradisional.
  2. Otomatisasi kantor memudahkan penerimaan dan pengiriman informasi.
  3. Otomatisasi kantor memberikan keuntungan lebih besar melalui pengambilan keputusan yang lebih baik dan lebih cepat.
  4. Otomatisasi kantor sebagai pelengkap dalam metode komunikasi tradisional, bukan sebagai pengganti.


Sumber :
     1.  Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia 2013
     2.  Dihimpun dari berbagai sumber

DAPATKAN ARTIKEL TERBARU DARI BLOG INI VIA EMAIL...GRATIS...!!!

0 Response to "Konsep-konsep Otomatisasi Perkantoran"

Posting Komentar