Kantor Virtual

Kantor Virtual

Kantor Virtual (Virtual Office) adalah pekerjaan yang dapat dikerjakan di wilayah geografis manapun selama tempat itu terhubung dengan lokasi tetap perusahaan melalui sejenis komunikasi elektronik. Secara umum perkantoran maya dapat didefinisikan sebagai otomatisasi proses bisnis yang sebelumnya dilakukan secara manual (document-driven) menjadi otomatis (electronic-driven) sehingga dokumen yang dipergunakan dalam proses bisnis tidak lagi dalam bentuk hard copy, melainkan dalam bentuk elektronik.

Kantor virtual dimulai tahun 1964 ketika IBM memasarkan mesin yang disebut MT/ST (magnetic tape/selectic typewriter). Awal perkembangan virtual office dobangun dalam modul-modul yang diakses secara terpisah. Aplikasi komersial pertama dari virtual office terjadi pada tahun 1994 ketika Ralph Gregory mendirikan "kantor virtual, inch" di Boulder, Colorado. Virtual office dimaksudkan untuk membantu pekerja sekretariat dan administratif, tetapi kemampuannya untuk memudahkan komunikasi formal dan informal dengan orang-orang di dalam dan di luar perusahaan menarik para manager dan profesional sebagai pemakai. semua pemakai kantor virtual ini digunakan untuk meningkatkan produktifitas mereka.

Kantor Virtual

Istilah kantor virtual mengimplikasikan pemanfaatan ruang, tetapi aplikasi lengkap termasuk hidup profesioanl komunikasi.

Layanan Komunikasi (communication service)
  1. Remote Receptionist. Sebuah tim pekerja di lingkungan dan bekerja dari jarak jauh, dengan menggunakan teknologi tinggi seperti teltpon yang terintegrasi dengan perangkat lunak untuk menggantikan yang tradisional.
  2. Virtual Assistant (asisten virtual). Mereka bekerja dari rumah dan jarang bertemu dengan klien. Asisten Virtual biasanya tidak memiliki akses ke CTI software.
  3. Answering Service/Call Center. Beroperasi dari sebuah polasi terpusat untuk tujuan menerima dan mengirimkan sejumlah besar permintaan dari telepon.
  4. Voicemail (pesan suara). Adalah teknologi berbiaya rendah yang menyimpan pesan suara elektronik.

Space Service (ruang pelayanan).
  1. Professional Address. Sebuah bangunan bergengsi yang digunakan sebagai alamat bisnis, professional address mengurangi privasi dan kemanan pribadi dalam menjalankan bisnis rumahan.
  2. Mailing Address. Dapat digunakan untuk menerima, mengirim, meneruskan email atau surat elektronik.
  3. Resepsionis. Adalah orang yang bertugas sebagai penerima tamu di suatu perusahaan.

Bekerja secara virtual adalah masa depan bagi semua bisnis yang berusaha untuk :
  1. Membuat dunia menjadi tempat untuk terhubung dari satu kota ke kota yang lainnya.
  2. Membuat atau membuka cabang diluar negeri.
  3. Mengurangi jejak karbon dengan menurunkan konsumsi bahan bakar dan listrik dengan menghilangkan variabel jarak dan memperluas batas-batas untuk bekerja secara kreatif.
  4. Mempekerjakan pilihan dan menyediakan lingkungan kerja yang nyaman, mengurangi srtres dan gaya hidup yang lebih seimbang.
  5. Mendorong pengusaha yang ingin mengembangkan menguji lokasi bisnis dan memperluas kehadiran mereka.

Ada beberapa kelebihan bekerja secara online dibandingkan dengan bekerja secara langsung dikantor atau perusahaan. Seperti berikut :
  1. Lebih fleksibel. kita akan lebih fleksibel dalam menentukan jam kerja kita sendiri.
  2. Hemat biaya. Memiliki kantor virtual tidak mengharuskan memiliki peralatan-peralatan pendukung keberadaan sebuah kantor, cukup dengan seperangkat komputer dan sambungan internet.
  3. Banyak pilihan pekerjaan. Dunia maya merupakan tempat dimana kita dapat menemukan banyak sekali pekerjaan.
  4. Penghasilan tak terbatas. Jika kita serius dalam menjalankan bisnis online, maka apa yang kita kerjakan akan dibayar sesuai dengan hasilnya.
  5. Banyak mempunyai waktu luang untuk keluarga. Apa yang kita kerjakan tidak mengharuskan kita untuk keluar rumah.


Sumber :
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia 2013

DAPATKAN ARTIKEL TERBARU DARI BLOG INI VIA EMAIL...GRATIS...!!!

0 Response to "Kantor Virtual"

Posting Komentar