Komputer dan Bagian-bagiannya

Menurut Hamacher, komputer adalah mesin penghitung yang cepat dan dapat menerima informasi input digital, kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya dan menghasilkan output berupa informasi.

Menurut Blismer, komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas sebagai berikut :
  1. Menerima input.
  2. Memproses input tadi sesuai dengan programnya.
  3. Menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan.
  4. Menyediakan output dalam bentuk informasi.

Sedangkan Fuori berpendapat bahwa komputer suatu proses data yang dapat melakukan perhitungan besar secara cepat, termasuk perhitungan aritmatika dan operasi logika tanpa campur tangan dari manusia.

Sistem kerja komputer seccara garis besar terbagi menjadi 3 bagian dan seluruh bagian ini saling berkaitan satu sama lain.

Komputer dan Bagian-bagiannya

Komputer dan Bagian-bagiannya

  1. Input Device (alat masukan), adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk memasukkan data atau perintah kedalam komputer.
  2. Process Device (alat pemrosesan), adalah perangkat keras komputer yang  berfungsi untuk mengolah data atau perintah yang diterima alat masukan dan memberikan hasil pengolahan data tersebut kepada bagian output.
  3. Output Device (alat keluaran) adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan hasil yang telah diolah oleh bagian pemrosesan.


KEYBOARDING
Penciptaan keybard komputer diilhami oleh  penciptaan mesin ketik yang dasar rancangannya dibuatdan dipatenkan oleh Christoper Latham pada tahun 1868 dan banyak dipasarkan pada tahun 1877oleh perusahaan Remington.

Secara fisik, keyboard terbagi menjadi 4 bagian. Yaitu :
  1. Keyboard Serial. Menggunakan DIN 5 male dan biasanya digunakan pada komputer tipe A. Bisanya digunakan pada komputer ATX dan saat ini yang paling banyak dipergunakan. Pemasangan keyboard tipe ini harus dilakukan dengan cermat, sebab port yang dimiliki sama dengan port untuk mouse.
  2. Keyboard Wireless. Sesuai dengan namanya, keyboard tipe ini tidak menggunakan kabel sebagai penghubung dengan komputer. Jenis koneksi yang digunakan adalah infra red, wifi, atau bluetooth. Untuk menghubungkannya dengan komputer, dibutuhkan unit pemancar dan penerima. Unit pemancar biasanya terdapat pada keyboard itu sendiri sedangkan penerima dipasangkan pada port USB atau serial pada CPU.
  3. Keyboard USB. Kompter terbaru saat ini sudah banyak menggunakan jenis konektor USB yang menjamin transfer data lebih cepat.

Cara menggunakan keyboard.
  1. Sejajarkan pergelangan tangan dengan telapak tangan. Upayakan pergelangan tangan anda selalu sejajar dengan telapak tangan. Lemaskan pergelangan tangan anda seperti mengambang. Jangan tegang.
  2. Posisi siku menggantung. Pastikan siku anda dalam posisi bebas menggantung. Menyandarkan siku pada sandaran kursi saat mengetik, selain menyulitkan anda untuk mengetik, juga membuat anda tegang dan cepat lelah.
  3. Lemaskan jari telunjuk dan jari manis anda. Kunci mengetik tanpa cepat lelah adalah dengan melemaskan seluruh jari anda.
  4. Tekan tombol dengan tenang. Jangan menekan tombol dengan kuat atau menggunakan tenaga.
  5. Bila tidak sedang mengetik. Lemaskan seluruh tangan dan jari jemari bila anda tidak sedang mengetik, keadaan anda sebelum mengetik juga mempengaruhi kondisi anda disaat mengetik.


Sumber :
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia 2013

DAPATKAN ARTIKEL TERBARU DARI BLOG INI VIA EMAIL...GRATIS...!!!

0 Response to "Komputer dan Bagian-bagiannya"

Posting Komentar